Tips Mengatur Keuangan Ala Remaja - Megasus

Friday, July 1, 2022

Tips Mengatur Keuangan Ala Remaja



Alohaa Someg…. Gimana gimana, Someg ada yang bosen ga yaa selama beberapa waktu lalu sekolah online? Ini antara kangen sekolah atau kangen uang jajan yaa, hehe..

Pada beberapa bulan yang lalu pemerintah memberi kelonggaran kepada sekolah sekolah untuk mengadakan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) karena kasus Covid-19 di Indonesia sedikit menurun. Kabar ini membuat para pelajar antusias untuk segera melakukan PTM. Walaupun kantin sekolah ditutup karena menghindari adanya kerumunan dan lepas masker saat makan, para pelajar pun tetap diberi uang saku untuk motif berjaga-jaga.

Walaupun hanya untuk berjaga jaga, Someg harus pintar-pintar ya mengatur keuangan! Agar hal menghambur-hamburkan uang tidak terjadi, perlu diadakan pendidikan keuangan yang mempunyai peran untuk mencegah dan mengendalikan dampak buruk dari penggunaan uang melalui literasi keuangan.

Pelajar memiliki seribu satu macam cara yang digunakan untuk mengatur keuangannya. Diantaranya pelajar yang memiliki rencana jangka panjang dengan cara menyisihkan uang tersebut untuk menabung supaya dapat digunakan di masa yang akan datang. Mungkin dari sebagian Someg masih belum tau bagaimana cara mengatur keuangan. Berikut ini Crewmeg akan memaparkan tips mengatur uang bagi pelajar,

1.Mengelola keuangan:  Someg bisa mengelola keuangan dengan menghematnya, jangan jajan terus ya!

2.Kurangi hangout bersama teman: Hangout bisa menggrogoti uang kita dikit demi sedikit loh Someg, inget ya!

3.Membuat catatan keuangan tiap bulannya: Catat ini, PBL!! (Penting Banget Lochhh), untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran someg. Jadi jangan lupa untuk bikin catatan ya Someg untuk pemasukan dan pengeluaran.

4. Bijak dalam menggunakan aplikasi belanja online: Ini nih yang menjadikan dompet kering, yaitu belanja online apalagi ciwi-ciwi. Belanja online boleh, tapi inget jangan berlebihan ya!

5. Menabung sebagian dana untuk biaya tak terduga: Nah menabung untuk biaya yang tidak terduga ini juga wajib loh Someg agar kita tidak was-was jika ada kebutuhan yang mendadak.

Cara tersebut dapat dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari pelajar. Kalau dirasa masih berat, Someg bisa membiasakannyya pelan pelan. Pentingnya pelajar dalam mengatur keuangan yaitu untuk menghindari perilaku konsumtif dan mengurangi pengeluaran berlebih. Demikian yaa Someg tips tips di atas , semoga bisa digunakan untuk mengatur keuangan agar teratur. Babay...

(By : Arya Zein)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda