Bisa Melihat Warna Pada Suara? Synesthesia, Keajaiban Otak Manusia - Megasus

Friday, July 1, 2022

Bisa Melihat Warna Pada Suara? Synesthesia, Keajaiban Otak Manusia



Aloo Someg!! Welcome to Megasus edisi 44 dengan tampilan baru! Btw, kabar gimana? Semoga selalu baik di tahun-tahun penuh cobaan ini yaa. Jangan lupa bersyukur terhadap semua pemberian Tuhan karena Dia selalu menyisipkan ribuan rahasia yang sulit dicerna otak manusia, salah satunya synesthesia! Ini lho, kemampuan yang dimiliki Mbak Billie Elish.. Someg baru pertama kali tahu, ya? Kalau gitu langsung check it out, apa sih si synesthesia ini.

Secara bahasa, synesthesia berasal dari Bahasa Yunani yang berarti "sensasi bersamaan". Persepsi seorang pengidap synesthesia menjadi "tercampur" akan suatu objek. Misalnya nih, saat melihat angka akan muncul warna di saat yang bersamaan, kalau lagi denger musik akan ada warna-warni yang mengiringi, atau saat meraba tekstur benda maka akan muncul suatu rasa di lidah. Dan semua ini bukan imajinasi, tetapi benar-benar dirasakan secara bersamaan! WoW banget ga tuh..

Well, penderita synesthesia atau synestesis mempunyai hubungan antar bagian otak yang lebih kuat. Karena semakin kuatnya hubungan tersebut akan muncul efek dimana satu kegiatan bisa menyebabkan pergerakan kegiatan di bagian otak yang lain.

Gampangnya gini, umumnya otak akan berfokus hanya pada 1 titik, 1 kegiatan saja. Namun dengan kemampuan istimewa ini, otak mereka bisa berfokus pada 2 kegiatan sekaligus, lho! Oleh karena itu, mereka bisa melihat timbulnya warna yang berbeda pada tiap suara hingga angka.



Sebelumnya banyak yang menduga sindrom ini berhubungan dengan gaya berpikir konkrit yang tidak berhubungan dengan konsep hubungan rangsang dengan indera. Bahkan dahulu seringkali dianggap gangguan jiwa atau sekadar mencari perhatian. Tapi ternyata setelah dilakukan penelitian, menunjukkan hasil yang tentunya jauh berbeda.

Tahun 2015 silam, sudah ditemukan penyebabnya oleh para ilmuwan di The Australian National University (ANU). Dr. Stephany Goodhew sebagai ketua peneliti, mengungkapkan penderita sindrom synesthesia memiliki mental yang lebih kuat tentang konsep yang berhubungan dengan suara.

Synesthesis mampu melihat warna yang berbeda pada setiap suara, menyaksikan warna tertentu pada setiap angka, bahkan mampu melihat bentuk yang berbeda pada setiap bau yang ia cium. Misalnya bulat untuk bau udara, kotak untuk bau durian, atau segitiga untuk bau bunga. Gejala yang dimiliki penderita sinestesia cenderung seperti persepsi tidak sadar yang melintasi antar indera.

Sekali lagi, crewmeg tegaskan synesthesia ini bukan merupakan suatu penyakit, namun kondisi otak yang dimiliki sebagian kecil orang di dunia.

Orang yang mengalami synesthesia tidak perlu khawatir dengan kondisinya. Sebab pandangan atau pemikiran-pemikiran unik yang dimilikinya dapat dimanfaatkan dalam bidang tertentu. Banyak penulis buku, pujangga, hingga penyanyi di dunia yang ternyata diduga memiliki synesthesia.


Jejeran penyanyi terkenal seperti Lorde, Kanye West, sampai Billie Elish yang menurut pengakuannya mampu melihat warna-warni pada tiap suara. Mbak Billie mengaku dapat melihat warna tiap mendengar nada lagu, lho! Waah ga heran sih lagu-lagu ciptaan dia feelnya dapet dan bikin meleyot! Menyayat hati sekaligus menenangkan jiwa-jiwa yang tersakiti ini! (waduduh malah curhat)

Keren banget, kan? Ternyata manusia juga punya kemampuan yang dipikir-pikir, nggak logis banget! Jadi gimana nih, misalnya diberi pilihan sama Tuhan, pengen punya synesthesia gaa? Crewmeg sih mau, biar samaan kayak Mbak Billie, hahaha ^^

(By : Nuril Hakiki)



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda