Genre Pop Merajalela, Ini Asal-Usulnya! - Megasus

Friday, July 1, 2022

Genre Pop Merajalela, Ini Asal-Usulnya!


Haloo Sobat Meg!! Buat kalian yang gemar dengan musik POP, kalian udah tau belum tentang asal-usul musik POP? Buat kalian yang belum tau tentang asal-usul musik POP, yuk simak informasi berikut ini.

Well, musik pop berasal dari penemuan Thomas Edison dan Emile Berliner. Pada tahun 1877, Thomas Edison menemukan suara dapat direproduksi menggunakan lembaran kertas timah yang dililitkan pada area sekitar silinder logam yang sedang diputar, kemudian istilah pop dicetuskan pertama kali oleh pengamat seni rupa berkebangsaan Inggris bernama Lawrence Alloway. Menurut Encyclopedia Britannica, musik pop berasal dari jenis musik non-folk yang meraih ketenaran atau popularitas secara massal. Dengan kata lain, musik pop itu berasal dari kata populer dan komersil, tak heran jika musik ini banyak memiliki peminat sampai sekarang.

Musik pop banyak dipahami secara komersial, karena berorientasi menuju pada kaum muda, karena berisi lirik lagu yang relatif sederhana dengan isi pesan yang mendalam. Musik pop juga merujuk pada salah satu genre musik yang memiliki daya tarik secara luas, yang biasanya disalurkan ke khalayak melalui industri musik.

Perkembangan Musik Pop di Indonesia

Musik pop sendiri berawal pada tahun 1960, diprakarsai oleh band Koes Bersaudara (Koes Plus), menggantikan musik yang awalnya diisi oleh band dari Malaysia dan Singapura. Wah, band era Emak Bapak!! Oiya, Koesplus membawa kemajuan loh, karena setelah popularitasnya, banyak penyanyi terkenal asal Indonesia yang dapat dikenal se-Asia Tenggara seperti Rossa, Ungu, Krisdayanti (KD), Noah, dan Wali band.

Bahkan ada pula penyanyi asal Indonesia yang mampu mencapai popularitas hingga kancah musik luar negeri, seperti Agnez Mo. Nah, yang itu kembarannya Crewmeg wkwkwk.

Penyanyi dan penulis lagu seperti Taylor Swift adalah salah satu penulis musik pop yang memiliki jutaan penggemar. Penyanyi POP terkenal yang berasal dari luar negeri, seperti Elvis Presley, Bob Marley, David Bowie, Ariana Grande, Olivia Rodrigo, dan masih banyak lagi.

Musik pop dari zaman dulu hingga sekarang masih menjadi lagu favorit bagi kaum pemuda dan masyarakat di Indonesia, walaupun musik pop memiliki penggemar yang sangat banyak, kita juga jangan lupa dengan musik daerah Indonesia yang gak kalah kerennya seperti musik keroncong, gamelan, bahkan musik dangdut. Asoy juga euyy!

Jadi gimana informasi dari crewmeg bisa menambah informasi kaliankan tentang asal-usul munculnya musik POP. Sampai jumpa di informasi selanjutnya!! Big hug >3

(By : Zerla Rororatu Pas)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda