Makin Sehat dengan Nonton Film Horor



Makin Sehat dengan Nonton Film Horor

oleh : Aditya Aji Pamungkas dan Adam


Hai... Someg gimana nih kabarnya? Crewmeg harap baik baik saja ya... Crewmeg kali ini akan membagi pengetahuan tentang kesehatan nih, Someg. By the way, kalian suka gak sih nonton film horor? Yang pastinya di antara kalian pasti ada yang suka banget dengan film horor kan..

            Film horor merupakan film yang sering bertemakan kematian, supranatural, atau bahkan penyakit mental. Tema-tema tersebut dapat memancing ketakutan dan rasa ngeri bagi para penontonnya. Tapi tahukah kamu di balik semua itu, film horor ternyata memberi dampak yang baik untuk kesehatan loh... mau tau apa aja? Yuk baca berikut ini...

1.    Membakar kalori tubuh

Sebuah penelitian menunjukan bahwa menonton film horor dapat membakar kalori pada tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh University of Westminter menunjukan bahwah menonton film horor yang memicu andrenalin selama 90 menit dapat membakar rata-rata 113 kalori, yang setara dengan kalori yang terbakar saat Someg berjalan selama 30 menit. Kemudian hormon adrenalin menaikkan tingkat metabolisme tubuh, sehingga energi yang tersimpan di dalam tubuh lebih cepat untuk terbakar. Hal ini tentunya dapat menurunkan berat badan para penonton film horor. Cocok nih buat Someg sekarang berada dalam program diet, sebaiknya kalian sering-sering nonton film horor deh!

2.    Sebagai kataris/pelampiasan stress

Di kala Someg sedang mengalami stress akan sesuatu, sebaiknya kalian cari pelampiasan untuk kesenangan kembali. Jangan sampai kalian memendamnya sendiri karena hal tersebut dapat menimbulkan penyakit. Nah, salah satu pelampiasan stress yang bisa Someg lakukan adalah menonton film horor. Dengan menonton film horor, emosi atau stress yang Someg pendam bisa terlampiaskan.
Saat menonton film horor, kalian semua pasti akan merasa terkejut, takut bahkan sampai berteriak. Menurut Mark Giffiths menonton film horor bisa sebagai kataris, pelepasan emosional karena frustasi atau rasa yang terpendam. Jadi yang sekarang lagi  pada memendam emosi, cepat cepat gih nonton film horor.

3.    Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebuah study telah dilakukan oleh Coventry dengan cara mengambil sempel darah dari partisipan sebelum, selama, dan sesudah menonton film horor. Hasilnya adalah kadar sel darah putih meningkat dari biasanya karena respon terhadap infeksi.
Hal ini juga dibenarkan oleh Natalie Riddell yang mengatakan bahwa menonton film horor dapat memicu respon fight or fight dan hal tersebut dapat memicu pelepasan hormon adrenalin sistem kekebalan tubuh Someg.

4.    Baik untuk kesehatan otak

Menonton film horor memberikan manfaat positif yang signifikan untuk kinerja otak. Menurut beberapa penelitian mengenai hal ini, kinerja otak akan meningkat karena dapat melepaskan zat kimia seperti dopamine, glutamete, dan serotonin. Beberapa zat itulah yang akan membuat adrenalin bertindak dan meningkat. Dengan begitu kinerja otak Someg saat menonton film horor akan menjadi lebih waspada dari sebelumnya selain itu juga dapat membantu menurunkan stress dan kecemasan.


Gimana nih Someg, apakah kalian masih takut nonton film horor? Saran dari Crewmeg sih buang aja rasa takutmu, toh nonton film horor juga baik untuk kesehatan Someg. Dari beberapa penelitian yang telah disebutkan di atas tentunya sudah menjawab penasaran Someg, kan? Semoga dengan artikel in bisa menambah pengetahuan Someg ya, sampai jumpa di artikel selanjutnya…

0 Response to "Makin Sehat dengan Nonton Film Horor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel