Pramuka, wadah melatih kerjasama dan disiplin diri




 Salam Pramuka!
     Halo someg! Sudahkah kalian Kalian paham apa itu bhantara? Ya! Bhantara adalah sebuah gelar yang didapatkan seorang pramuka apabila telah memenuhi syarat-syarat kecakapan umum yang pertama dalam satuan penegak. Lebih tepatnya bagi siswa SMA.
Biasanya, para pramuka melakukan pendidikan dan latihan (Diklat) sebelum memperoleh involet Bhantara yang nantinya akan disematkan pada kedua pundak seorang pramuka. Mau tau gimana keseruan diklat Bhantara di SMA CrewMeg? Ok, let’s Check it Out!
Kemarin tepatnya tanggal 30 September 2017, Dewan Ambalan SMA Negeri Mojosari menggelar kegiatan Diklat serempak bagi siswa kelas XI. Penerimaan tamu ambalan ini dimulai dengan prosesi Apel pembukaan pada pukul 6 pagi di lapangan upacara. Semua peserta diharuskan datang sebelum kegiatan Apel dimulai. Uh! CrewMeg aja harus rela mandi jam 5 pagi biar ngga telat datangnya :’v
Setelah apel pembukaan dilaksanakan, peserta diklat masih belum bisa memulai penjelajahan lho.... Semua peserta dikasih semacam quiz dan sangga mana yang tercepat men jawab, itulah yang akan lebih dulu berangkat. Serunya nih, mereka pada berebut untuk menjawab kuis yang membuat panitia kewalahan menghadapinya. (saking antusiasnya :v).

     Penjelajahan kali ini dimulai dengan dua jalur SoMeg… jalur menuju pos pertama yang memulai perjalanan melewati pedesaan dan jalur menuju pos kedua yang melewati jalan raya. Nantinya kedua jalur akan dipertemukan di tengah-tengah perjalanan. Oh iya, ketika para peserta menikmati perjalanan nih… Para panitia mengadakan kontes foto terbaik yang nantinya akan diunggah di Instagram Pramuka. Kalau SoMeg penasaran silahkan buka akun instagram @ambalan_kertadewi. Disana ada banyak cuplikan keseruan kegiatan saat itu.
Pos pertama menyediakan materi tentang keagamaan someg…. Beberapa sangga ada yang lancer menyelesaikan kuisnya dan ada juga yang kesulitan jawab pertanyaan dari panitia, disitu mereka bukan cuma dikasih kuis soal keagamaan, melainkan setiap sangga disuruh menyanyikan yel-yel andalan mereka. Pastinya biar mereka jadi lebih kompak dan semangat someg. Kalo ada sangga yang nggak kompak dalam kuis maupun yel-yel, wajah mereka bakalan diolesi racikan cairan khas anak Pramuka yang baunya aneh, hahaha… makanya yang kompak dong taruna!!!

     Pos 1 udah kelar, mereka langsung lanjut ke pos 2A nih…. Tugas mereka selanjutnya yaitu Baris Berbaris. Mereka harus lompat 10 kali setiap ada kesalahan dalam PBB, wah…. Nggak kebayang kalo PBBnya salah semua (harus lompat berapa kali ya?). Terlihat ketua sangga kewalahan mengatur barisan anggotanya yang agak gimana gitu…. Tapi pada akhirnya semua peserta bisa lolos dari tes PBB meskipun terdapat beberapa kesalahan.
Nah pada pos 2B ini peserta mendapat materi tentang kompas. Dari penjelasan para panitia, para perserta disuruh untuk mempraktekannya. Setelah dikira sudah paham, para panitia meminta untuk salah satu perwakilan dari setiap sangga untuk menjawab pertanyaan mengenai arah mata angin. Bagi yang tidak bisa menjawab dengan benar bakal dapet punishment dari panitia pos tersebut.
Sedihnya nih Someg… Ada peserta diklat yang mengalami terkilir pada kaki kirinya karena saat perjalanan di tengah sawah peserta itu tiba-tiba kakinya terperosok masuk lubang. Mungkin aja dia terlalu bersemangat buat ikut penjelajahan hihihi…. Lekas sembuh ya buat yang abis kena zonk alam :v  antusiasmu sunggu luar biasa!
Setelah melewati jalanan yang begitu panas dan berdebu, peserta diklat kembali kesekolah lagi…. Ehhhhh, masih ada lagi nih beberapa tantangan di sekolah. Sebelum masuk ke dalam sekolah, setiap sangga harus di absen dulu (buat memastikan lengkap apa nggak yang datang). Kalo udah kelar absennya, mereka langsung ke aula buat nyari involet bantara SoMeg…. Setelah itu, mereka di tes tali temali dan yel-yel lagi biar tambah semangat!.
Rintangan terakhir! Setiap sangga bakalan nyari bet sangga di lapangan depan, jadi nih di lapangan udah ada banyak










Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pramuka, wadah melatih kerjasama dan disiplin diri"