Teatrikal Sumpah Pemuda

Teatrikal Sumpah Pemuda, Event yang Tidak Biasa

            Merayakan sebuah peringatan hari besar nasional tidaklah harus dengan cara yang meriah namun, yang terpenting ialah makna dan cara penyampaiannya. Kali ini SMAN 1 MOJOSARI membuat acara yang berbeda dari biasanya. Ialah teatrikal peringatan sumpah pemuda 2017 yang dilaksanakan pada hari senin 29 oktober kemarin.

Penokohan W.R. Supratman
            Peserta teatrikal terlihat mengenakan baju tradisional yang mencerminkan masyarakat nusantara tempo dulu. Lengkap dengan atribut yaitu sapu lidi, nampan beras, cangkul, dan sebagainya. Sementara itu ada pula yang mengenakan seragam dan atribut lengkap laksana jendral yang akan berperang. Tak lupa para pemuda Indonesia yang nantinya akan menguvapkan sumpah pemuda.

            Teatrikal dimulai dalam susasana hening kerukunan. Dikemas dalam sebuah cerita kakek tua kepada cucunya. Pada saat itu suasana lingkungan masyarakat pribumi sangat damai dan tentram, namun ketika para penjajah menyerang, segalanya menjadi menyedihkan. Saat itulah para pemuda bangit dan termotivasi untuk membuat perubahan. Serentak mereka mengikrarkan sumpah yang hingga saat ini kita kenal dengan “sumpah pemuda”. Diakhiri dengan instrument lagu Indonesia raya yang juga diperagakan oleh siswa SMA kita dengan penuh penghayatan memainkan biola seakan-akan ialah WR. Soepratman ketika membawakan lagu Indonesia raya kala itu .

Di penghujung teatrikal, seluruh peserta berkumpul menjadi satu dan menyatukan suara.


            Masih dalam tema yang sama. Saat itu juga diumumkannya juara 2 lomba cipta cerpen oleh Lana Fauziah 11 Mipa 8. Lomba yang juga berkaitan dengan sumpah pemuda yang dikemas dalam  bulan bahasa 2017, diadakan oleh MGMP BAHASA INDONESIA se-kabupaten Mojokerto, bekerja sama dengan Lembaga bimbingan belajar primagama 


Keceriaan para Siswa Siswi SMAN 1 MOJOSARI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teatrikal Sumpah Pemuda"

Post a Comment