Idul Adha ala SMANSA MOZAR



 Idul Adha adalah salah satu hari besar umat muslim dunia. Dimana masyarakat mengurbankan hewan ternak mereka sebagai amal ibadah yang kemudian dagingnya akan dibagi-ratakan kepada yang membutuhkan. Kebanyakan umat islam Indonesia mempersiapkan hewan ternak berupa Sapi atau Kambing dari jauh hari.

       

Hari Raya Idul Adha 1438 H bertepatan tanggal 1 September 2017. Acara keagamaan tahunan yang juga ditunggu-tunggu ini dimulai dengan pelaksanaan Sholat Ied yang bertempatkan di lapangan upacara SMA Negeri 1 Mojosari. Saking banyaknya warga sekolah yang antusias melakukan Sholat di sekolah, para panitia dibuat kaget melihat  jamaah putri belum seluruhnya mendapat alas sholat, Sesegera mungkin panitia mencari tikar cadangan supaya terlaksananya ibadah sholat sunnah dua rakaat ini dengan khidmat.



Sudah menjadi adat apabila sehari sebelum dilaksanakannya sholat Ied, MPK, OSIS dan para pegiat Remaja Masjid Sekolah bermalam bersama untuk menggemakan takbir tanda masuknya hari yang suci ini. Sehingga esok harinya mereka langsung menata dan menyiapkan tempat untuk kegiatan sholat berjamaah. Para panitia mempunyai trik tersendiri agar para siswa dapat mengikuti ulasan yang disampaikan oleh sang Ustadz dengan cara melarang penggunaan HP dan alat pemicu kegaduhan lainnya. Memang benar, SoMeg… seharusnya dalam acara seperti ini kita mendengarkan ceramah dengan baik supaya mendapat ilmu yang barokah. Amin…


Sepulang dari pelaksanaan sholat Jum’at nih, tugas para panitia belum selesai loh! mereka masih harus melaksanaan proses penyembelihan 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing ini di tempat yang berbeda.  Serta pendistribusian daging hewan ternak yang akan dilaksanakan di tiga tempat yakni di Desa Salen, Desa Menanggal dan di SMA Negeri 1 Mojosari sendiri. Mengapa dilaksanakan di tiga tempat? Sebab kegiatan ini telah dilakukan sejak tiga tahun yang lalu karena pihak sekolah menginginkan distribusi daging sapi dapat lebih luas dan merata tak hanya di lingkungan SMA saja.







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Idul Adha ala SMANSA MOZAR"

Post a Comment