Tips Menghindari Begal Motor di Jalanan

Kejahatan di jalanan seperti rampok dan begal masih kerap kali menjadi bahan perbincangan di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan semakin maraknya kasus pembegalan yang terjadi bahkan tak mengenal korban. Akan sangat disayangkan jika kerabat dan teman atau bahkan kita sendiri menjadi korban kejahatan ini. Berikut adalah beberapa tips menghindari begal motor di jalanan.



Pertama, berhati-hatilah pada orang tak dikenal yang menanyakan alamat atau meminta bantuan. Pastikan anda berada di tempat yang ramai jika ingin membantunya. Hindari menghentikan kendaraan pada orang yang meminta bantuan di tempat yang sepi bisa jadi itu adalah niat jahat yang akan menghampiri anda.

Kedua, jangan keluar sendirian pada malam hari apalagi harus melewati jalanan yang sepi dan minim penerangan. Karena ada kemungkinan jika anda sedang diincar. Usahakan mencari jalan lain yang lebih ramai agar meminimalisir kemungkinan buruk atau pilihlah cara konvoi (bisa ajak tetangga satu kampung, wkwkwk!). Karena penjahat juga tidak ingin tindakkan kriminalnya dilihat oleh orang lain.

Ketiga, pakailah perlengkapan berkendara seperti helm berstandar SNI, jaket dan juga sarung tangan untuk menghindari anda terluka parah ketika terjatuh saat mengendarai. Selalu perhatikan kaca spion anda untuk memastikan apakah tidak ada yang mengikuti anda. Jika terlanjur melihat orang yang mencurigakan, saya sarankan untuk tancap gas lebih cepat karena penjahat tidak akan mau mengejar anda jika sudah tertinggal jauh.

Terakhir dan yang paling penting, jangan tinggalkan barang berharga seperti HP dan lainnya pada kendaraan agar anda bisa sesegera mungkin menghubungi kerabat atau polisi untuk meminta pertolongan ketika terkena ‘begal’. Apabila kejahatan sudah terlanjur terjadi dan tidak dapat dihindari(biasanya penjahat membawa senjata api dan pisau), lebih baik serahkan saja harta anda dan berlarilah ke pemukiman warga terdekat jika tidak memiliki cukup nyali untuk melawan. Ingat, nyawa lebih berharga daripada harta. Selamatkan diri  anda sebelum kehilangan nyawa. Coba amati bagaimana postur tubuh dan nomor kendaraan penjahat kemudian laporkan ke polisi sesegera mungkin.  

Nah, itulah beberapa tips untuk menghindari begal motor di jalanan. Tapi yang paling penting adalah SoMeg harus senantiasa selalu memohon perlindungan kepada Tuhan YME sebab pertolongan tuhan dapat berupa bantuan dari manusia. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan membuat para SoMeg menjadi waspada akan adanya kejahatan di sekitar. Sampai jumpa di postingan selanjutnya :-*

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghindari Begal Motor di Jalanan"

Post a Comment