7 FAKTA UNIK TENTANG “MIMPI”

7 FAKTA UNIK TENTANG “MIMPI”

Mimpi adalah hal yang sangat sering dialami oleh manusia dan sudah dianggap menjadi titik pencapaian di Dalam tidur kita. Tidak heran jika kita mendengar tentang mimpi yang umumnya selalu kita alam. Namun, tahukah kamu fakta-fakta unik mengenai mimpi yang tidak pernah terfikirkan oleh kita sebelumnya?

Ini dia, 7 fakta tentang mimpi yang dapat dibilang cukup unik:

1.    Lucid Dream



Mungkin sebagian dari kalian pernah mendengar kata ini. Namun, kata lucid dream ini ternyata tidak terlalu umum bagi sebagian banyak orang. Lucid dream sendiri dapat diartikan “Sadar di Dalam mimpi”. Dalam lucid dream, kita bisa melakukan apa yang kita mau di dalam mimpi kita tersebut, intinya, kita adalah orang yang membuat skenario mimpi kita sendiri. Sayangnya, walaupun semua orang memiliki kesempatan untuk mengalaminya, lucid dream tersebut cukup sulit dilakukan oleh orang awam, dan memerlukan konsentrasi yang baik.

2.     Anda akan Dapat Mengingat Mimpi jika Terbangun saat Mimpi Masih Berlangsung.

www.sleepiz.com
        Hal yang sangat berpengaruh terhadap ingat tidaknya seseorang pada mimpi yang ia alami adalah terbangun pada saat mimpi berlangsung. Jika anda tidak terbangun pada tengah-tengah mimpi, maka kemungkinan untuk mengingat mimpi tersebut sangatlah kecil. Ingatan dalam mimpi tersebut akan hilang dengan sendirinya pada saat kita dalam kondisi tidur.

3.     Gamers Cenderung Dapat Mengendalikan Mimpi Mereka.


Mungkin terdengar sedikit konyol, namun Sebuah studi Gackenbach yang diterbitkan tahun 2009, sekitar 400 gamer menjelaskan pengalaman mereka dalam mimpi buruk. Studi itu menunjukkan mereka sering mengalami mimpi buruk dan bisa mengendalikannya seperti didalam game. Beberapa gamer mengungkapkan mimpi buruk mereka terasa menantang adrenalin dan sangat menghibur. Jadi, gamers berpeluang lebih untuk mengalami lucid dream. 
4.    Anda tidak dapat membaca sesuatu maupun sadar soal waktu ketika bermimpi.
Di dalam mimpi, anda tidak bisa membaca jam maupun tulisan. Yang anda lihat hanyalah teks tak beraturan, sama seperti jam. Nah, jika anda ragu apakah anda sedang mimpi atau tidak, silahkan lakukan percobaan sederhana ini.
5.     Beberapa orang mengalami mimpi dengan settingan hitam putih.


Mimpi hitam putih dialami oleh 12% orang di Dunia. Pengguna televisi hitam-putih sediri lebih sering mengalami mimpi seperti ini disbanding mereka yang sudah menggunakan televisi berwarna.



6.    Seperti apakah mimpi tuna netra?

      Mereka yang tidak terlahir tunanetra masih bisa melihat berbagai gambar di dalam mimpi mereka, sementara orang-orang yang buta sejak lahir tidak melihat apa-apa. Mereka tetap bisa mengalami mimpi yang intens dan seru dengan melibatkan sentuhan, suara, aroma, dan lain sebagainya tanpa melibatkan indera pengelihatan mereka.

7.    Mimpi merangsang kreativitas kita.



     Seperti yang disebutkan, mimpi dapat mengisi ulang kreativitas kita. Pada kasus gangguan REM (Rapid Eye Movement) yang langka, mereka tidak dapat bermimpi sama sekali, sehingga daya kreativitas mereka menurun dan tidak dapat memecahkan tugas maupun masalah secara kreatif.


Nah, itulah 7 fakta tentang mimpi yang jarang terfikirkan. Bagaimana menurut anda? :) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 FAKTA UNIK TENTANG “MIMPI”"

Post a Comment