Top 6 Jurusan Kuliah Paling Banyak Peminat - Megasus

Friday, July 1, 2022

Top 6 Jurusan Kuliah Paling Banyak Peminat

Hai Someg.. gimana kabarnya kalian semua? Nih, buat kalian yang udah mau lulus SMA pastinya bingung kan mau kuliah kemana dan jurusan apa. Kali ini Crewmeg mau membahas sedikit mengenai jurusan paling top dan banyak peminatnya di perguruan tinggi. Nah, simak informasinya disini.

1.     1. Teknik Informatika










Seperti yang kita ketahui di era digital ini. Teknologi sangatlah penting untuk menunjang kehidupan. Teknik informatika menjadi salah satu jurusan dengan banyak peminat pasalnya jurusan ini selaras dengan teknologi yang semakin berkembang pada era saat ini.. Jurusan teknik informatika mempelajari berbagai prinsip terkait ilmu computer mulai dari proses
  perancangan,pengujian,pengembangan dan evaluasi system operasi perangkat lunak (software, dan kinerja computer. Prospek kerja bagi lulusan teknik informatika tentunya sangat luas dan menjanjikan dengan jenis pekerjaan keren dan jenjang karier yang beragam. Lulusan teknik informatika sangat dibutuhkan oleh instansi pemerintah .BUMN, maupun perusahaan besar.)

 

2.    2.  Kedokteran






Program studi kedokteran selalu menjadi idaman bagi siswa yang akan masuk ke perguruan tinggi. Peminat di jurusan kedokteran selalu meningkat tiap tahunya. Program studi ini mempelajari tentang berbagai ilmu medis seperti pemeliharaan kesehatan, pengobatan penyakit dan pencegahan. Program studi ini dikhususkan bagi siswa dengan jurusan IPA pada saat SMA. Karena di SMA sudah dipelajari dasar-dasarnya .Ternyata seorang lulusan Kedokteran tidak berkutat di dunia klinis . Ada banyak peluang kerja lain yang tidak kalah menarik untuk seorang Dokter. Selain membuka praktik, Dokter juga bisa bekerja struktural. Misalnya di Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Badan Narkotika Nasional, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Badan SAR Nasional, dan sebagainya. Ada juga beberapa Dokter yang memutuskan melakukan penelitian terhadap pengobatan suatu penyakit demi kemajuan bidang Ilmu Kedokteran

 

3. Ekonomi


Perkembangan dunia bisnis modern membuat gelar bisnis atau ekonomi masih menjadi favorit untuk jurusan yang paling banyak diminati. Ilmu Ekonomi mempelajari strategi pengelolaan sumber daya dengan mempertimbangkan efisiensinya dalam mencapai kesejahteraan. Sumber daya yang dimaksud tidak hanya tentang uang atau biaya, tetapi juga sumber daya alam, waktu, bahkan tenaga. Kuliah di jurusan ini tidak hanya akan memberi banyak pengetahuan tentang ekonomi dan keuangan secara umum, tetapi juga akan mempertajam keterampilan analisis data dan keterampilan yang berguna.Peluang karier yang menanti lulusan Ilmu Ekonomi banyak banget, mulai dari institusi dalam negeri hingga institusi asing. Jenis pekerjaan dan jenjang karier yang ditawarkan pun cukup bervariasi. Soal gaji, jangan khawatir karena dijamin kompetitif , bergantung pada level pekerjaan yang dimasuki, area tempat bekerja, kemampuan, serta pengalaman yang dimiliki

 

4.     4. Teknik Elektro





Teknik Elektro merupakan bidang ilmu yang mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-harI, dengan ilmu dan pengetahuan seputar konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik.Jurusan Teknik Elektro akan membuat mahasiswanya mempelajari sifat-sifat listrik. Peminat di jurusan ini selalu tinggi sehingga membuat teknik elektro menjadi salah satu jurusan terbaik. Tingginya peminat teknik elektro didukung dengan lulusannya yang mampu mendominasi perusahaan besar di tanah air. Cakupan dari teknik elektro juga sangat luas dari system jaringan distribusi, sumber pembangkit tenaga listrik, hingga pemanfaatan listri dikehidupan sehari-hari. banyak lulusan Teknik Elektro yang membidik industri energi dan tenaga listrik sebagai tujuan utama. Meski demikian, prospek kerjanya terbilang sangat luas. Hampir seluruh industri membutuhkan Sarjana Teknik Elektro, mulai dari industri telekomunikasi, minyak dan gas, semikonduktor, aerospace, manufaktur, otomotif, transportasi, jasa dan pelayanan, juga bio engineering.

 

5.     Teknik Industri


Selain Teknik Elektro, jurusan Teknik Industri juga memiliki banyak sekali peminat.
Teknik Industri adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia seperti; produksi, pengelolaan dan ekonomi. Lulusan Teknik Industri nantinya bertanggungjawab atas optimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, proposal strategi, serta desain optimal manajemen perusahaan. Teknik Industri juga berfokus pada perancangan, peningkatan, dan pemasangan dari suatu sistem yang terintegrasi. Teknik industri biasanya terbagi menjadi tiga bidang yaitu sistem manufaktur, manajemen industri, dan sistem industri dan ekonomi. prospek kerja yang luas yaitu bisa bekerja di perusahaan ataupun institusi lain dengan gaji yang kompetitif. Ketersediaan lapangan kerja sangat luas, dari industri kecil sampai industri besar. Para lulusan teknik industri bisa mengambil peran beberapa fungsi seperti divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, bahkan divisi HRD.

 

6.     Akuntansi






Program studi Akuntansi mempelajari materi terkait metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan yang berguna membantu pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan. Beberapa hal yang akan dipelajari diantaranya akuntansi keuangan, akuntansi biaya, akuntansi manajerial, akuntansi pajak dan pengendalian anggaran. Ilmu akuntansi biasanya diaplikasikan pada berbagai instansi bisnis baik yang bersifat non-profit, profit, ataupun pemerintahan. Akuntansi menjadi salah satu bidang ilmu yang selalu dibutuhkan di setiap persuahaan sehingga peluang berkarir terbuka lebar. Peminat dari jurusan ini juga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

 

Nah itulah tadi mengenai jurusan dengan banya peminatnya di perguruan tinggi. Jadi, kalian mau masuk jurusan apa nih? So, siapkan diri kalian dari sekarang ya!

 (By : Amanda Ayu)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda