Lulus SMA Lanjut Kuliah atau Kerja, ya? - Megasus

Friday, July 1, 2022

Lulus SMA Lanjut Kuliah atau Kerja, ya?

Wow, dari judulnya aja langsung bikin kita bimbang abis! Barangkali Someg sekarang sedang berada di posisi ini, butuh masukan dan pertimbangan lebih agar tidak salah langkah untuk menuju masa depan nanti, jadi langsung aja simak sampai akhir artikel ini! Anyway, sebelum itu Crewmeg akan beberkan beberapa perbedaan kuliah dan kerja terlebih dahulu, ya!

A. Kerja

• Memiliki penghasilan sendiri

• Sudah mandiri dalam segi materi

• Jenjang karir terbatas dan tidak sebaik dari lulusan S1

B.Kuliah

• Banyak beban yang harus dikeluarkan

• Masih bergantung dengan orang tua

• Jenjang karir terbuka lebar dan lebih jelas

 

Gimana-gimana? Sudah ada gambaran? Yang ini hal-hal perlu dipertimbangan dan wajib dipikirkan mengenai permasalahan kuliah, kerja, atau melakukan keduanya sekaligus! Langsung aja, yuk!

1. Keuangan

Biaya yang dikeluarkan untuk kuliah tidak sedikit, tentu saja masih bergantung pada orang tua karena belum memiliki penghasilan sendiri. Uang kuliah, kost, uang makan, hingga saku harus disiapkan setiap bulan sampai Someg lulus dari dunia perkuliahan. Jika Someg bekerja, maka keuangan tidak perlu dirisaukan karena kalian sudah menghasilkan penghasilan sendiri, bisa membiayai kebutuhan hidup sendiri, keluarga bahkan menabung! Nah, jika kuliah sambil kerja Someg bisa mendapatkan gaji, bisa membiayai kebutuhan hidup sendiri, tapi harus meyisihkannya untuk biaya kuliah.

2. Waktu Luang

Waktu luang dalam dunia kuliah cukup sedikit apalagi kalau Someg mengikuti organisasi. Sepulang kuliah mengerjakan tugas tentu diperlukan waktu yang lama. Di dunia langsung kerja, Someg bisa mempunyai banyak waktu luang sepulang kerja dan pada waktu libur.

Sedangkan jika kuliah sambil kerja, waktu luang lebih sedikit karena digunakan untuk bekerja, kuliah dan mengerjakan tugas-tugas kuliah. Oleh karena itu diperlukan manajeman waktu yang cukup baik, ya!

3. Peluang Kerja

Apabila lulus kuliah, Someg memiliki peluang kerja yang lebih besar untuk bekerja sesuai bidang keahlian. Sedangkan peluang kerja seseorang yang langsung bekerja tergolong lebih sempit karena posisi kerja yang dipercayakan untuk lulusan SMA sangat terbatas. Tapi Someg tidak usah khawatir, kuliah sambil kerja kamu yang menghabiskan tenaga ekstra itu akan terbayar disini. Ketika lulus kuliah, kamu lebih diutamakan oleh perusahaan karena sudah memiliki pengalaman kerja!

4. Jenjang Karir

Bermodalkan ijazah S1 maka jenjang karir lulusan kuliah akan lebih jelas. Sedangkan jenjang karir untuk lulusan SMA/SMK cenderung stagnan dan sulit mengalami kenaikan. Namun, Someg bisa mengupgradenya dengan mengikuti kuliah untuk orang yang sudah bekerja. Ijazah ini akhirnya bisa digunakan untuk menaikkan jabatanmu di dunia kerja saat ini.

Beda lagi dengan kuliah sambil kerja, dengan pengalaman kerja yang sudah dimiliki dan ijazah S1 maka tentu saja jenjang karir akan lebih cepat kenaikannya dan lebih mudah didapatkan.

Setelah membaca ini, apakah Someg sudah memiliki gambaran singkat untuk masa depan nantinya? Jangan sampai salah langkah. Tentukan dengan hati yang kuat, tekad yang bulat dan penuh semangat mulai saat ini. Masa depan, kita siap datang!!

 (By : Nuril Hakiki)

 

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda