Perayaan Idul Adha di Tengah Pandemi COVID-19 - Megasus

Friday, July 31, 2020

Perayaan Idul Adha di Tengah Pandemi COVID-19


Perayaan Idul Adha di Tengah Pandemi COVID-19

Havlea & Nayaa



Hola Someg! Hayo tebak kali ini crewmeg bakal update tentang apa?. Eh gak usah ditebak deh, mending langsung simak aja yukk...

(31/07), Jumat Pagi, SMAN 1 MOJOSARI menggelar Sholat Idhul Adha. Sayangnya, hanya pengurus OSIS,  MPK, dan beberapa guru SMAN 1 MOJOSARI yang berpartisipasi, lantaran pandemi covid-19 belum berakhir.

   Setelah Sholat Idhul Adha selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Kegiatan penyembelihan dimulai pada pukul 07.00 hingga pukul 10.30 WIB. Untuk tahun ini SMAN 1 MOJOSARI menyembelih 2 ekor sapi. Namun, perlu kalian tahu nih someg, tahun ini penyembelihannya tidak dilakukan di sekolah. Penyembelihan hewan kurban ini dilakukan di salah satu tempat pejagalan di Jln. Pekuncen Gg. 04  Mojokerto. "Pada awalnya, kami sudah mencari jagalnya tapi belum dapat. Kemudian karena kami biasa beli di Sooko maka ditawari sekaligus jagal di sana gimana. Setelah beberapa kali diskusi, akhirnya kami putuskan di sana sekalian. Jadi dibawa kesini (sekolah) tinggal dikirim sudah bentuk daging-daging yang dipisah-pisah," tutur Pak Randa.


    Pendistribusian daging kurban ini diberikan kepada siswa-siswi dengan menggunakan kupon, masyarakat sekitar, dan sisanya OSIS, MPK, serta panitia. Namun, sempat terjadi keterlambatan dalam pendistribusian karena jarak tempuh yang lumayan memakan waktu. Hewan kurban yang telah disembelih juga tidak bisa langsung dibawa ke sekolah dikarenakan sistem pengantaran daging di tempat penjagalan.

     Di masa pandemi seperti ini,  untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona saat Idul Adha, pihak SMAN 1 MOJOSARI menerapkan protokol kesehatan. Protokol kesehatan yang diterapkan antara lain, tetap memakai masker saat melaksanakan takbiran, menyiapkan disinfektan, dan tak lupa saat di masjid diberi batas-batas untuk  jaga jarak (social distancing). Kemeriahan Idul Adha saat pandemi tentu saja berbeda dengan biasanya, karena yang terlibat tidak begitu banyak.
Semoga di tahun selanjutnya kita bisa berkumpul kembali dan memeriahkan idul adha ya Someg! Sekian laporan dari Crewmeg hari ini. Stay safe and keep your head held high!
  

Liputan oleh : Firzin & Kiki

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda