Berbahayakah Garis Putih di Kuku Itu? - Megasus

Thursday, May 9, 2019

Berbahayakah Garis Putih di Kuku Itu?

Hasil gambar untuk garis lengkung putih di kuku
Berbahayakah Garis Putih di Kuku Itu?
oleh : Fani Ummatin
Apakah ada garis putih di kuku Someg? Apakah Someg mengartikannya dengan kekurangan vitamin, kalsium, atau zinc? Apakah ini berbahaya atau tidak? Atau malah Someg mengartikannya masih seperti waktu di sekolah dasar, yaitu menandakan “ada yang naksir”? Faktanya, garis putih di kuku disebut dengan leukonychia. Apa artinya bagi kesehatan?

Mengapa muncul garis putih di kuku?

Leukonychia adalah sebutan untuk munculnya garis putih di kuku Anda. Kondisi ini tidak berbahaya meskipun namanya tergolong serius. Hal ini bisa disebabkan oleh trauma ringan atau pun sedang pada kuku yang sedang tumbuh. Pertumbuhan kuku umumnya cenderung amat lambat, sehingga banyak orang yang tidak menyadari trauma atau cedera yang terjadi pada minggu sebelumnya sampai akhirnya muncul garis putih pada kuku Anda.
Garis putih di kuku biasanya banyak ditemukan di kuku bagian tangan dibandingkan di bagian kaki. Jika anda tidak mengingat cedera yang Anda alami dan menyebabkan kuku mengalami trauma, Anda tidak perlu khawatir. Pertumbuhan kuku sangat lambat sehingga luka pada kuku dapat terjadi berminggu-minggu sebelum garis putih muncul di kuku Anda.
Garis putih di kuku juga bisa menandakan adanya infeksi ringan yang terjadi pada kuku dan bisa juga alergi atau efek samping dari pengobatan tertentu. Jadi saat Anda sedang dalam masa penyembuhan dan konsumsi obat-obatan tertentu kemudian muncul garis putih di kuku, bisa jadi ini adalah reaksi dari obat-obatan yang Anda konsumsi.
Jika garis putih hanya muncul di satu atau beberapa kuku jari, Anda tidak perlu khawatir. Namun apabila garis putih muncul begitu banyak pada kuku atau bahkan hampir di semua kuku jari-jari, Anda patut waspada. Hal ini mungkin saja menandakan adanya kondisi medis yang cukup serius yang terjadi pada tubuh Anda, seperti penurunan fungsi pada ginjal, anemia atau bahkan diabetes. Jika hal ini terjadi, Anda harus segera konsultasi pada dokter.

Macam-macam garis putih pada kuku, dan artinya bagi kesehatan

1. Leukonychia totalis

Kondisi leukonychia totalis terjadi apabila garis putih muncul di seluruh bagian kuku jari Anda. Hal ini bisa menandakan kurangnya albumin di dalam tubuh. Kurangnya albumin merupakan tanda atau gejala gagal ginjalgagal liver atau kesulitan menyerap protein dari makanan. Hal ini harus segera mendapatkan perhatian medis.

2. Leukonychia partialis

Pada kondisi ini garis putih muncul di bagian lempeng kuku atau nail plate. Biasanya akan terlihat titik-titik putih yang menandakan kondisi medis tertentu dan perlu mendapatkan perhatian medis.

3. Leukonychia striata

Leukonychia striata terjadi apabila garis putih pada kuku nampak seperti garis yang sejajar dengan pangkal kuku. Biasanya hal ini menandai Anda kekurangan vitamin dan nutrisi. Leukonychia striata ini juga bisa menandakan adanya gangguan pada jantung, liver dan hati. Ada baiknya Anda segera konsultasikan segera pada dokter.

4. Leukonychia punctata

Leukonychia punctata adalah leukonychia yang paling sering dijumpai. Garis putih di kuku ini akan muncul di beberapa kuku jari Anda. Biasanya, penyebabnya adalah trauma atau cedera pada kuku, dan ini akan menghilang sendiri setelah kuku Anda melakukan regenerasi.
Ada baiknya mulai sekarang, Someg tidak hanya mempercantik tampilan kuku di salon, namun juga perhatikan kesehatan kuku. Segera konsultasikan pada dokter jika Someg merasa khawatir ada garis putih di kuku secara tidak normal.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda