Fungsi Lain Mode Pesawat (Airplane Mode) : Tidak Hanya Keamanan Penerbangan Saja


Fungsi Lain Mode Pesawat (Airplane Mode) : Tidak Hanya Keamanan Penerbangan Saja

 Oleh : Solfi Indah

Hai hai Someg! Pada DYK kali ini kita akan membahas tentang fungsi mode pesawat pada handphone. Sebelum itu, Someg tau gak apa sih mode pesawat itu? Kenapa dikasih nama mode pesawat ya? Kenapa nggak mode motor, mode mobil, becak sekalian atau alat transportasi yang lain aja?

Dinamakan mode pesawat karena erat kaitannya dengan pesawat terbang, bukan bisa terbang kayak pesawat gitu Someg. Makanya, logo mode pesawat di HP kalian pasti pesawat terbang.

Mode Pesawat biasanya akan diaktifkan saat penumpang ingin menaiki pesawat, agar smartphonenya bisa digunakan selama penerbangan. Singkatnya sih, mode pesawat ini berfungsi untuk menonaktifkan gelombang radio yang terpancar dari HP Someg tanpa harus mengganggu sistem komunikasi di pesawat.

Dikutip dari The Telegraph, seharusnya penumpang pesawat terbang itu harus menonaktifkan telepon seluler yang dimilikinya. Ini dikarenakan gelombang sinyal yang ada di HP dapat memicu terganggunya navigasi antara pilot dengan menara ATC (air traffic control). Makanya, seiring berkembangnya zaman, banyak produsen HP yang mulai membekali sistem mereka dengan mode pesawat. Tentunya dengan harapan agar penggunanya bisa tetap menikmati fitur-fitur lain di dalamnya tanpa harus menonaktifkan HP mereka.

Di Indonesia sendiri, dalam Undang-Undang Penerbangan Nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan, di pasal 54 F dijelaskan, Setiap orang di dalam pesawat udara selama penerbangan dilarang melakukan pengoperasian peralatan elektronika yang mengganggu navigasi penerbangan. Hukuman yang diberikan yaitu 2 tahun penjara atau denda 200 juta rupiah. Gimana Someg? Masih mau coba-coba mainin HP di dalam pesawat? Crewmeg nggak saranin sih, karena itu menyangkut nyawa orang banyak juga.

Terlepas dari peraturan tersebut, ternyata mode pesawat itu punya fungsi lain yang nggak berhubungan dengan keselamatan penerbangan lho. Penasaran apa saja? check this out!


1. Mempercepat Pengisian Sekaligus Menghemat Baterai


Walaupun tidak secepat kilat tapi mode pesawat ini terbukti ampuh mempercepat pengisian sekaligus menghemat baterai HP. Kok bisa gitu? Saat Someg mengaktifkan mode pesawat maka data ponsel, GPS, dan akses sosmed serta komunikasi seperti SMS atau telepon akan berhenti. Jadi Someg tidak bisa menerima kabar apapun saat mode pesawat sedang aktif, apalagi kabar dari gebetan. Tetapi hal tersebut ternyata terbukti dapat mempercepat pengisian baterai dan juga menghemat baterai. Gak percaya? Sok atuh dicoba.


2. Memperkuat Sinyal dan Mempercepat Kinerja Smartphone


Pasti Someg sering dibikin kesel sama sinyal yang mendadak suka hilang begitu aja tanpa kepastian kayak do'i (eh, kok  malah baper). Crewmeg punya jawaban untuk mengatasi lemot pada sinyal. Yap, cukup mengaktifkan mode pesawat selama beberapa detik atau menit maka sinyal lemot di smartphone Someg dijamin, kandas! Gak cuma sinyal aja Someg, tetapi kinerja smartphone kalian akan lebih optimal dibandingkan sebelum mengaktifkan mode pesawat. Karena, pada saat Someg mengaktifkan mode tersebut semua jaringan yang ada di smartphone kalian akan terputus, lalu ketika dimatikan kembali secara otomatis smartphone akan mencari jaringan baru. Hal ini sama saja seperti kalian me-restart smartphone kalian, tapi bedanya ini tidak perlu menghabiskan waktu untuk restart smartphone. Mudah bukan?


3. Menghindari Gangguan


Kebanyakan dari Someg pastinya memilih menghabiskan waktunya untuk bermain dengan smartphonenya sampai lupa membagi waktu untuk yang lain. Gangguan yang crewmeg maksud kali ini yaitu notifikasi dari sosmed, pesan, dsb yang sering muncul ketika data ponsel dinyalakan. Nah, hal ini yang bikin Someg terus menerus mengecek smartphone dan beresiko mengganggu saat tengah beraktivitas, terlebih lagi belajar. Mode pesawat dapat membuat semua akses di jejaring sosial diberhentikan. Jadi tidak perlu khawatir, Someg bisa belajar dengan nyaman tanpa perlu diganggu notifikasi dari dunia maya.




Itu dia fungsi dari mode pesawat pada ponsel, smartphone atau HP yang ternyata tidak hanya berguna dalam penerbangan saja. Dan juga, jangan sekali-kali Someg mau dikendalikan oleh smartphone, batasi pemakaiannya dan ambil nilai positifnya aja. Jangan lupa belajar untuk PAS minggu depan ya Someg! Ganbatte~

1 Response to "Fungsi Lain Mode Pesawat (Airplane Mode) : Tidak Hanya Keamanan Penerbangan Saja"

  1. Hm... baru tau deh gw. Tapi setau gw juga bisa buat ngilangin radiasi pas tidur.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel