Jangan Takut Ngemil!

Disini siapa nih yang suka ngemil? Someg pasti suka kan? Kebetulan Crewmeg juga hehehe. Dan di zaman sekarang ini, tentunya banyak banget dong ya makanan-makanan ringan yang bisa buat ngemil. Hampir setiap hari kita ngemil, kalau nggak ngemil tuh rasanya ada yang kurang gitu. Ya kan Someg? Wkwk.






 Nah, sebenarnya kebiasan ngemil tak menjadi masalah Someg. Asal memperhatikan kandungan yang ada dalam cemilan yang dikonsumsi. Cemilan sehat bahkan bisa membantu memberikan dampak positif bagi tubuh. Cemilan yang banyak mengandung garam, minyak dan lemak tidak disarankan untuk dikonsumsi Someg. Pun juga cemilan kemasan yang banyak mengandung pengawet.
Begitu pula dengan gorengan. Meski gurih dan mengenyangkan, gorengan lebih baik dihindari karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Makanan cepat saji (junk food) sebisa mungkin juga harus dibatasi dan tidak menjadi pilihan utama dalam aktifitas mengemil Someg.





NGEMIL SEHAT
Oleh : Aditya Aji Pamungkas dan Adam Aufa Firas

Namun bukan berarti cemilan tak boleh dikonsumsi sama sekali. Cemilan juga bisa memberi manfaat, misalnya lewat laju asupan energi yang dibutuhkan tubuh. Di jeda antara sarapan dan makan siang atau makan siang dan makan malam misalnya, cemilan bisa jadi semacam jembatan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Contohnya cemilan yang didapat dari buah-buahan. Kandungan serat, vitamin, dan mineral punya manfaat yang banyak. Selain membantu mengenyangkan, juga bermanfaat bagi yang ingin menjaga bentuk tubuh yang ideal.

Nah bagi yang punya agenda khusus untuk menurunkan berat badan, cemilan yang berasal dari outmeal atau sereal gandum dan turunan gandum lain juga bisa menjadi pilihan karena kandungan seratnya yang  tinggi. Selain membantu mencapai berat badan yang diimpikan, serat juga membantu mengeluarkan zat berbahaya dalam tubuh seperti kolesterol jahat.

Baiknya asupan kalori yang didapat dari cemilan adalah sebesar 10% sampai 20% dari kebutuhan kalori harian. Dan sisanya didapat dari makanan berat. Selain itu kebutuhan kalori dari cemilan dan makanan berat juga harus disesuaikan. misalnya, kalau saat pagi mengemil cemilan yang kalorinya agak tinggi, maka saat makan siang porsi kalorinya harus dikurangi. Begitu juga saat mengemil sore harus disesuaikan dengan asupan makan malam. Kalau saat malam hari masih lapar, mengudap cemilan juga boleh. Tapi tetap hindari makanan berkalori dan gula tinggi. Cemilan kaya serat seperti buah dan olahan gandum bisa menjadi pilihan karena membuat perut lebih terasa cepat kenyang.

Adapun cemilan sehat seperti puding buah, coktail buah, pie isi puding, pastel isi ayam, kroket isi keju, sayuran, coklat hitam dan yogurt dapat menjadi pilihan.

Kalau udah baca artikel ini, Someg pasti udah ngerti dong ngemil yang sehat dan yang harus dihindari itu apa saja. Yuk Someg mulai hidup sehat, salah satunya dari memilah dan memilih makanan apa saja untuk dibuat cemilan. Agar tubuh kita tetap sehat dan jangan lupa juga untuk olahraganya ya Someg. Jadi, ngemil boleh lanjut terus deh, hehe. Sekian ya dari Crewmeg, semoga bermanfaat :)

1 Response to "Jangan Takut Ngemil!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel