Semangat

Semangat
Oleh : Fani Ummatin

“Semangat ya Someg yang mau UAS, yang sedang UAS atau yang sudah UAS”
Kata “semangat” tentunya sering diucapkan oleh seorang motivator saat memberikan ceramah atau seminar motivasinya. Seorang psikolog akan berulang kali mengucapkan kata “semangat” ketika bertemu pasiennya yang sedang down. Tak terkecuali diri kita sendiri yang akan mendapati beberapa kata “semangat” yang terselip dalam kalimat dari orang tua, keluarga, atau sahabat kita saat akan menghadapi ujian di bangku sekolah, ujian masuk perguruan tinggi, melamar pekerjaan ke suatu perusahaan, mengerjakan sebuah proyek, mengikuti perlombaan atau pertandingan olahraga, serta saat melakukan berbagai kegiatan lainnya.


  • Makna Semangat
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008) kata semangat diartikan sebagai  roh kehidupan yg menjiwai segala makhluk, baik hidup maupun mati; seluruh kehidupan batin manusia; isi dan maksud yg tersirat dl suatu kalimat, perbuatan, perjanjian, dsb; kekuatan (kegembiraan, gairah) batin; keadaan atau suasana batin; perasaan hati; serta nafsu (kemauan, gairah) untuk bekerja, berjuang, dsb.
Setiap individu pastinya akan memiliki definisi yang berbeda-beda terhadap kata “semangat” ini. Akan didapatkan banyak jawaban jika dilontarkan pertanyaan “Apakah semangat itu?”. Namun pada intinya semangat berhubungan dengan suasana hati dan kebatinan seseorang. Jika seseorang memiliki kemauan untuk melakukan sesuatu bisa dikatakan dirinya mempunyai semangat. Mungkin bentuk semangat itu sendiri tidak dapat kita lihat secara kasat mata. Namun orang yang mempunyai semangat akan terpancar dari raut mukanya, tatap matanya, perkataannya, deraplangkahnya, sampai kepada perilakunya.


  • Sumber Semangat
Banyak hal yang dapat menjadi sumber penyemangat bagi kita. Setiap individu pasti mempunyai sesuatu yang menjadi penyemangat paling besar di dalam hidupnya. Si A menjadikan ibundanya sebagai penyemangat dalam hidup. Beda lagi dengan Si B yang semangatnya akan terbakar setiap kali teringat pesan sahabatnya yang telah meninggal dunia. 
Penyemangat bagi diri kita bisa berasal dari sebuah benda, seseorang, kalimat, cita-cita, peristiwa, hewan piaraan kesayangan, atau bahkan tekanan hidup dan permasalahan yang kita hadapi justru memacu semangat kita. Tak masalah darimana dan apa bentuk penyemangat kita selama bisa menjadi bahan bakar untuk menyalakan bara semangat di dalam dada kita. Namun perwujudan semangat setiap individu itu unik, tidak bisa disamakan dengan individu lainnya. Orang yang terlihat pendiam dan kalem tidak dapat langsung kita judge sebagai seorang yang tidak bersemangat.


  • Tiada Hari Tanpa Semangat
Kita tak perlu berduka jika ditakdirkan miskin harta, jangan bersedih jikalau dikarunia buruk rupa, tak perlu disesali ilmu yang dimiliki hanya seadanya. Namun jangan sampai kita tidak bersemangat. Kehilangan semangat berarti kehilangan segalanya. Semangat kita adalah awal dari kesuksesan kita.
Motivator paling hebat di dunia ini adalah diri kita sendiri, psikolog paling ampuh bagi seseorang adalah dirinya sendiri. Kobarkan semangat dalam diri kita agar dapat menjadikan lingkungan kita ikut menjadi bersemangat. 
Tetap semangat dan selalu semangat ya Someg !!!

0 Response to "Semangat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel