Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat


Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Oleh : Marsekal Aulia

Ciao! Selamat sore, Someg! Gimana nih kabar Someg? Apakah banyak masalah hidup? Apakah tekanan yang diberikan lingkungan sekitar mulai mempengaruhi motivasi Someg untuk mencapai tujuan hidup? Mungkin buku yang berjudul asli "The Subtle Art of Not Giving a F*ck" ini dapat dijadikan motivasi untuk Someg. Buku yang ditulis oleh Mark Manson ini memang cukup unik jika dilihat dari judulnya yang anti-mainstream, dan menjadi buku terlaris New York Times dan Globe and Mail. Mungkin banyak dari Someg berpikir, kok bisa bodo amat jadi seni? Penasaran? Mari kita bahas sedikit tentang buku ini.

Judul               : Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat (Terjemahan)
                         The Subtle Art of Not Giving a Fuck (Original)
Penerbit           : Grasindo
Cetakan           : Terjemahan, 2018
Tebal               : 256 hlm.
Penulis            : Mark Manson
Harga              : Rp 80.000,-

Saat kebanyakan orang membayangkan mental masa bodoh ini, mereka membayangkan sejenis kekaleman yang tidak terpengaruh apapun, ketenangan yang mampu melewati semua badai.”Mark Manson
Kata ‘Bodo Amat’ dalam buku ini menurut Mark adalah tentang beberapa hal dalam hidup yang sebenarnya tidak perlu terlalu kita pikirkan atau ambil pusing. Kita bisa saja bersifat acuh tak acuh atau ceuk terhadap hal yang kurang penting malalui tiga kunci seni.

Seni Pertama

merasa bodo amat terhadap segala halangan dalam mencapai tujuan yang kita inginkan. nikmati proses yang dihadapi dalam mencapai tujuan, walaupun ada halangan dan rintangan, tapi sikap bodo amat membuat kita lebih fokus dengan tujuan, bukan dengan halangan tersebut. 

Seni kedua

memprioritaskan hal penting dan merasa bodo amat untuk hal-hal sepele. Jangan sampai kita memberikan kepedulian dan berpikir berlebihan untuk hal sepele, padahal ada hal penting yang harus dipikirkan terlebih dahulu.

Seni ketiga

kita memiliki mana yang harus didahulukan. Tekadang, menurut Mark sesuatu yang penting terlihat begitu sederhana. Akan tetapi kesederhanaan tersebut akan membuat kita bahagia.

gambar di atas merupakan sampul asli dari buku 'Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat', ya, memang nggak beda jauh sih, hehe

Nah, Someg, dilihat dari penjelasan di atas, buku ini berisi banyak hal bermanfaat yang bisa diambil dan diterapkan dalam kehidupan. Sikap bodo amat yang dimaksud Mark merupakan bodo amat yang positif, yaitu bersikap acuh tak acuh pada hal-hal yang menjadi halangan dalam usaha mencapai sesuatu. Bukan berarti bodo amat terhadap segala hal, hehe. Oh iya, ada beberapa quotes yang crewmeg ambil dari novel ini untuk Someg.

 Quotes

- Jangan hanya duduk di sana. Lakukan sesuatu. Jawabannya akan mengikuti.


Kedewasaan adalah apa yang terjadi ketika seseorang belajar untuk hanya bercinta tentang apa yang benar-benar pantas dicintai.

-Menjadi salah membuka kita pada kemungkinan perubahan. Menjadi salah membawa peluang untuk pertumbuhan.



Itulah beberapa cuplikan dari buku best seller karya Mark Manson ini. Ternyata menerapkan sikap bodo amat dengan benar tanpa menimbulkan efek negatif itu tak semudah kelihatannya loh, Someg. tapi tentu saja segala sesuatu jika sudah terbiasa pasti akan lebih mudah. Nah loh, lama-kelamaan post resensi ini jadi post motivasi nih, hehe. Sekian yang bisa Crewmeg share kepada Someg kali ini. Tunggu post resensi selanjutnya ya! Good night.

0 Response to "Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel