Suku Jawa Tidak Hanya di Indonesia

Suku Jawa Tidak Hanya di Indonesia
Oleh: Fani ummatin



Suku Jawa merupakan suku asli dari Indonesia. Namun, suku ini juga menghuni luar negeri, tepatnya di Suriname dan New Caledonia. Mungkin banyak diantara kalian sudah tidak asing dengan Suriname yang penduduknya bersuku Jawa.  Tapi bagaimana dengan New Caledonia? New Caledonia adalah negara yang letaknya terpencil di selatan Papua Nugini dan Timur Australia. Jarang nya pemberitaan oleh media membuat negara ini tidak seviral Suriname.

Pada dasarnya New Caledonia terdiri dari berbagai suku yang berasal dari berbagai daerah. Namun, dari semua suku yang ada, suku jawa menjadi suku mayoritas di sana. Menurut data yang ada, sekitar 7000 lebih orang bersuku Jawa berada di New Caledonia. Dalam sehari-hari mereka berkomunikasi dengan bahasa Jawa meskipun bahasa nasional mereka adalah bahasa Inggris dan Perancis.

Walaupun, New Caledonia merupakan negara kecil yang berada di anta berantah, orang orang yang bersuku jawa masih memegang teguh adat kebudayaan Jawa, seperti halnya bagaimana mereka melakukan adat pernikahan, khitan, dll. tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia juga. Apakah kalian juga masih melestarikan kebudayaan Jawa seperti mereka?

Orang-orang bersuku Jawa di New Caledonia awalnya merupakan penduduk  Indonesia yang dibawa Belanda untuk dipekerjakan disana pada masa penjajahan. Rata-rata mereka dipekerjakan di tambang dan pertanian.

Di New Caledonia sendiri orang bersuku Jawa dibedakan menjadi tiga golongan yaitu Niaouli yang artinya orang Jawa yang lahir di New Caledonia sedangkan orang tua mereka asli Indonesia. Yang kedua golongan Wong Baleh yang berarti orang yang pernah pergi dari New Caledonia tapi kembali lagi. Dan golongan Wong Jukuanyang memiliki arti orang-orang yang lahir  di Indonesia tapi di bawa ke New Caledonia.


0 Response to "Suku Jawa Tidak Hanya di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel