Menebak Kepribadian Seseorang dari Genre Musik Kesukaan - Megasus

Thursday, April 4, 2019

Menebak Kepribadian Seseorang dari Genre Musik Kesukaan


Menebak Kepribadian Seseorang dari Genre Musik Kesukaan


Hai Someg! Kalian pasti suka musik kan? Mau itu genre musik rock, klasik, pop, heavy metal, dan masih banyak lagi. Ternyata dibalik genre musik yang kalian suka, seseorang bisa di tebak kepribadiannya loh! Someg mau tau? Check it out...

1. Pecinta musik heavy metal ternyata sosok yang lembut dan kreatif

Pakar pecinta musik Andrea North, Ph.D, melakukan penelitian selama tiga tahun dengan menghubungkan prefensi musik dan ciri-ciri kepribadian lebih dari 36.000 peserta. Ia menemukan penggemar musik heavy metal adalah orang orang yang perasaannya 'halus'. Pada dasarnya mereka memiliki kemiripan dengan penggemar musik klasik, hanya saja cenderung lebih muda.

2. Penggemar musik klasik itu si pintar

Reflektif dan kompleks adalah deskripsi sempurna unsuk musik klasik dan orang-orang yang mendengarkannya. Menurut penelitian North, pecinta musik klasik biasanya kreatif, introvert, dan menunjukkan harga diri yang tinggi.

Bagi mereka, merasakan sensasi mendengarkan musik tak ubahnya seperti menonton pertunjukan tater yang megah. Meski begitu mereka bukan tipe orang yang menutup diri untuk bergaul dengan penggemar musik metal, bahkan bisa saja cocok.

Penelitian menemukan bahwa murid yang menyukai musik klasik seperti bethoven, memiliki nilai sekolah yang rata-rata lebih tinggi. Ketimbang nilai murid yang menyukai musik lain. Sedangkan nilai siswa dengan nilai terendah merujuk pada musik hip hop. Tapi jangan jadikan hal ini untuk mengubah selera lagu kalian ya Someg.

3. Penggemar musik jazz, folk, dan blues adalah pemikir yang mendalam (deep thinker )

Hampir sama dengan penggemar musik klasik, penggemar musik jazz, folk, dan blues aadala orang-orang reflektif, berpikiran terbuka, dan sangat kreatif. Mereka menggunakan musik untuk melatih otak. Jika anda bermain improvisasi jazz, anda bahkan dapat memicu otak untuk membuka 'simpul' kreatifitas baru.


4. Penyuka musik hip hop adalah orang yang ekstrovert

Penggemar hip hop menikmati aspek-aspek sosial dalam musik, seperti karakteristik musik ini yang enerjik dan penuh irama. Misalnya menari, bernyanyi bersama dan suka membagi musiknya dengan orang lain daripada mendengarkannya sendiri lewat headphone.

Dalam penelitian North, sebagaimana seorang rapper penggemar hip hop dinilai sebagai sosok yang ekstrovert dan memiliki harga diri yang tinggi. Studi lain menunjukkan bahwa penggemar rap memiliki kualitas yang sama dengan Kanye West yang dikenal sebagai 'blirtatiousness', yaitu kecenderungan untuk segera mewujudkan apa yang ada dalam pikiran mereka.

5. Penyuka genre musik rock ramah tetapi egois

Penggemar musik rock klasik umumnya mau bekerja keras, tapi mudah merasa nyaman pada diri mereka sendiri. Mereka juga cenderung lebih egois daripada penggemar musik lain. Mendengarkan musik bagi penggemar musik rock digunakan untuk mendongkrak suasana hati. Lagu-lagi mereka biasanya memiliki kaitan dengan pengalaman emosional.

Selain itu, penggemar musik rock indie biasanya cenderung kreatif dan terbuka pada pengalaman baru, tetapi harga diri dan etika mereka rendah. Sedangkan penikmat punk rock yang intens, memiliki kepribadian yang enerjik tapi rendah hati.

6. Fans musik pop kurang kreatif tapi mudah bergaul

Penggemar musik pop digambarkan sebagai sosok yang kurang kreatif dibandingkan dengan penikmat aliran musik lainnya. Meski begitu, mereka adalah sosok yang mudah bergaul, terbuka, dan memiliki harga diri yang tinggi. Mereka juga mendengarkan musik untuk mengatur suasana hati.


Segini dulu ya, ulasan yang bisa Crewmeg bagikan. Jangan lupa ajak temen-temen kamu juga ya, buat baca artikel ini supaya mereka tau fakta kepribadian dibalik genre musik yang mereka suka. See you di artikel selanjutnya J

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda