Tips Merencanakan Masa Depan bagi pelajar kelas X & XI SMA/ MA/ Sederajat - Megasus

Saturday, February 23, 2019

Tips Merencanakan Masa Depan bagi pelajar kelas X & XI SMA/ MA/ Sederajat


Tips Merencanakan Masa Depan bagi pelajar kelas X & XI SMA/ MA/ Sederajat

Oleh : Rahul dan Zizi 


     Hai SoMeg! Whatsss Up? Someg! Ada baiknya kamu mulai untuk merencanakan masa depanmu nih. Ada banyak hal yang harus kamu persiapkan ujian sekolah dan ujian nasional. Kita harus mempersiapkan sebelum menginjak kelas XII nanti, misalnya merencanakan masa depan mu ya ,Someg. Nah maka dari itu, mulailah persiapanmu dari sekarang! Berikut tips-tips yang bias kamu lakukan untuk merencanakan masa depanmu

1. Maksimalkan Prestasi Akademikmu 


     Hal pertama  yang harus kamu perhatikan adalah prestasi akademik mu nih SoMeg, Walaupun kamu memiliki rencana untuk mengikuti berbagai kegiatan di sekolah, prestasi akademikmu tetap harus jadi prioritas lho. Ada salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi negeri yang dibilang cukup “berkelas” yaitu SNMPTN, dengan jalur ini SoMeg bisa masuk perguruan tinggi SoMeg hanya perlu menggunakan ijazah dan rapor SMA saja & tanpa mengikuti tes, menarik bukan?. Maka dari itu, kamu tidak boleh bermalas-malasan dalam mengejar prestasi akademikmu, ya!



2. Berdiskusi dengan Orangtua 



     Orang tuamu pastinya menginginkan yang terbaik untuk masa depan kamu. Cobalah untuk berdiskusi mengenai masa depanmu. Bicaralah pada orang tuamu hal yang kamu sukai, bakat dan kelebihanmu. Kamu bisa menjelaskan rencanamu di masa depan seperti universitas mana yang ingin kamu pilih atau jurusan kuliah yang ingin kamu ambil.




3. Temukan Bakat dan Minatmu 





    Dengan mencari tahu apa yang sebenarnya menjadi bakat dan minatmu,  akan bisa merencanakan apa cita-citamu. Cobalah untuk memahami dirimu dengan mencari tahu apa yang kamu sukai, cobalah untuk mengikuti tes minat bakat atau berkonsultasi dengan guru BK mu ya.




4.    Kembangkan Hal yang Kamu Sukai




     

     SoMeg! Cobalah untuk mencari kegiatan yang dapat mengasah keahlianmu dalam suatu bidang seperti mengikuti klub olahraga sekolah atau ekstrakurikuler di sekolahmu atau bahkan mengikuti program pertukaran pelajar. Apabila kamu memang menekuni ketertarikan kamu, tentunya kamu dapat bergabung dengan tim sekolah dalam berbagai pertandingan atau lomba lho, Squad! Semua kegiatan tersebut akan membantu kamu dalam mengembangkan bakat kamu dan memberikanmu pengalaman yang berharga! 


     Itulah empat tips yang dapat kamu coba dalam membantu kamu untuk merancang masa depan kamu mulai sejak kelas 10 dan 11 SMA. Tentunya kamu harus ingat bahwa kesuksesan tidak akan datang pada orang yang tidak mau berusaha. Maksimalkan usaha kamu dengan belajar giat. Sekian ya, Someg, sampai ketemu di Tips and Trick selanjutnya!

Bagikan artikel ini

2 comments